Advertisement

Advertisement

Minggu, 26 Januari 2014

[Kolom Wisata Mistis] Mengujinya Nyali Dengan Wisata Mistis


Pikiran Rakyat Edisi 24 Juni 2012

Di Benua Eropa, mendatang tempat-tempat yang membuat bulu kuduk berdiri disebut juga “ghost tour’ menjadi pariwisata adalan dibeberapa kota Pesertanya selalu membeludak. Nah, meskipun belum berniat merengguk keuntungan, di Bandung pun kegiatan serupa telah di galakan. Salah satu Komunitas yang menamakan Wisata MIstis, terbilang rajin menyelanggarakan kegiatan jalan-jalan malam ketempat-tempat yang katanya bernuasa horror itu.

Ghost tour di Bandung ini sebenarnya bukanlah kegiatan baru. Sejumlah komunitas serupa pernah berusaha menghidupkan wisata hantu kota Bandung ini sejak 2003. Namun sayangnya, entah apa alasnya kegiatan iitu mandek pada 2007.

Geliat kebangkitan hantu-hantu di kota Bandung itu pun tumbuh kembali ketika thread di http://kaskus.us yang kini berubah domainnya menjadi http://kaskus.co.id-- membahasa tentang tempat-tempat angker dikota Bandung. Entah siapa yang memulia, tercetulah ide berdasarkan thread tadi, untuk mendatangi tempat-tempat angker tesebut. "jumlah yang ikut tidak terbayang sebanyak itu. Lalu kami pun bersatu membuat komunitas untuk kegiatan tersebut pada 10 April 2011,"kata Iman Abdul Rahman (26) Ketua Komunitas Wisata Mistis.
Ternyata komunitas itu pun tumbuh di beberapa kota seperti Balikpapan ,Jambi dan Mataram. Kegiatan-kegiatan yang cukup banyak digelar  yaitu dikota Bandung. Menurut Iman , satu kali ghost tour bisa di ikuti sekitar 50 orang jumlah yang sebenernya bisa membuat panitia kewalahan jika terjadi sesuatu seperti keserupan. Akan tetapi, itu tidap perlu dirisaukan.

Deri Rahadian Nugraha (22), bertugas mengawal agar hal seperti hal itu tidak perlu terjadi. Menurut dia, saat piknik ketempat-tempat angker itu, direkayasa sedemikian rupa agar peserta tetap dikendalikan. Deri mengakau sesempurnya apapun rencana, terkadang hal-hal kondisional seperti keserupan terjadi. " Dan anehnya kebanykan kaum wanita," ujurnya.
Oleh karena itu, dalam setiap Ghost tour , dirancang rangkain kegiatan yang bisa membuat peserta tetap fokus tapi tidak kehilangan sensasi mersakan aura-aura mistis disekitarnya. Tahap awal biasanya dengan memaparkan aturan main saat tour. Lalu di lokasi, peserta dipaparkan segi historis serta mitos yang menyelubungi tempat yang dikunjungi. Biasanya ini ditutrkanoleh jurus kunci lokoasi atau warga setempat.

Setelah itu panitia menawarkan pada paserta jika ingin "uji nyali" paling lama 20 menit. "barang kali ada yang penasaran dengan mahluk gaib yang ada di lokasi. Kami bisa menyediakan Tempatnya pada mereka, namun tetap dalam pengawasan,"ucap Deri.
Nah yang paling unik dari kegiatan ini adalah adanyya melibatkan makhluk gaib. Komunitas ini menyebutkan konbat (kontak batin). Deri menuturkan, dia bertugas menanyakan kepada mahluk gaib dilokasi untuk memaparkan kebenaran mitos yang beredar. Setelah ada yang bersedia , mahluk gaib itu akan di tarik dan dimasukan ke tubuh manusia sebagian mediumnya. Saat itu lah kegiatan introgasi dimulai.
Seusai introgasi, sebuah tim penyapu mesti mengecek kondisi peserta. Pasalnya perubahan perilaku ganjil bisa tidak disadari peserta." Mungkin saat itu, mahluk gaib itu telah merasuki tubuh peserta. Dan kami pun harus menetralkannya. Yang penting dari sebelum berangkat hingga selasai acara, mereka merasa nyaman," ujur Deri.

Meskipun kadang ada sesama peserta ada yang kesurupan, jumlah peserta ghost tour tidak pernah surut. Namun, itu tidak membuat wisata mistis berniat mematok harga demi meraup keuntungan. Sekertaris Komunitas Wisata Mistis Dady Setiadi Suarsa mengatakan, komunitas masih menampung antusiame penggemar jalan-jalan malam. Berbicara soal uang, peserta hanya dibebabani uang kas Rp. 2000. jika ada ekspedisi dipungut Rp. 5.000. untuk akomodasi narasumber. Biaya yang ditarik akan bertambah bila lokasi yang didatangi mengharuskan membeli tiket masuk. Di luar itu tidak.

Dady mengatakan, Komunitas ini ingin peserta memiliki pengetahunan baru dan bisa menghargai ala tanpa diselimuti ketakutan. Karena, ternyata banyak lokasi wisata di Bandung yang dipenuhi mitos keangkeran tapi tidak pernah dirawat. "misal kita datang ke satu tempat yang angker kini tak perlu lagi berpikir aneh-aneh,"katanya.

Bagi anda yang berminat untuk ikut dalam ghost tour yang digelar wisata mistis, cukup pantau kegiatan di http://wisatamistis.com. Toh, peserta tidak dibatasi asal bandung, Peserta non Bandung juga bisa bergabung asal akomdisi seperti penginapan ditanggung sendiri. kompenasasinya , mungkin anda tak akan lagi menemukan rasa biasa dari jalan-jalan siang, tapi sensasi luar biasa dijalan-jalan malam.(Dewiyatini/"PR")***

Pikiran Rakyat Edisi 24 Juni 2012

0 komentar:

Posting Komentar