Advertisement

Advertisement

Rabu, 27 Juni 2012

[Wisata Mistis] Ngertakeun Bumi Lamba




Ngertakeun Bumi Lamba merupakan sebuah upacara adat yang berlangsung di Kawah Upas, Gunung Tangkuban Perahu, Jawa Barat. Pelaksanaan upacara ini berlangsung setahun sekali berdasarkan kalender Sunda. Nah,24 Juni kemarin adalah upacara keenam yang diselenggarakan di gunung tersebut.

Dan bertepatan pada hari Minggu 24 Juni 2012 sebagi/an dari rekan Wisata Mistis menghadiri acara tersebut yaitu " NGERTAKEUN BUMI LAMBA". "NGERTAKEUN BUMI LAMBA " adalah dimana suatu tradisi dari kebudayaan Indonesia,yang dimana kita semua berbaur bersama berkumpul tanpa memandang ras,agama,dan budaya atau dalam kata lain bersatu dengan alam Sebagai ucapan terimakasih kepada alam yang telah memberikan kehidupan, dari artinya sendiri Ngertakeun (dari kata dasar kerta berarti ‘menyejahterakan’); bumi lamba (alam jagat atau dunia sebagai alam kosmos)

Ini adalah pertama kalinya sebagian dari rekan Wisata Mistis yang menghadiri langsung acara ini. Kami dateng lebih awal dikarenakan takut kesiangan.Pertama datang menaruh motor kita berphoto-photo dahulu untuk mengabadikannya lalu kami mulai naik ke atas untuk melihat tempat dimana kita semua akan melakukan upacara.

Tidak disangka perjalanannya sangat panjang sekali dan terasa cape sekali .Kami pun berhenti untuk istirahati disuatu warung kecil,sekedar ngopi dan makan untuk mengisi perut sedikit. Ketika sudah asyik beristirahat kami turun kembali kebawah karena acara akan dimulai dibawah tepatnya didepan ruang informasi.Ketika sampai dibawah,kita semua mulai bertemu dengan banyak sekali orang-orang yg ingin ikut bersembahyang bersama. Tidak lama acara pun dimulai diiringi dengan alunan musik gendang yg khas Sunda. Para pendande dan sesepuh dari berbagai adat berkumpul bersama bersatu,benar-benar amazing seluruh kebuadayaan bersatu bagaikan BHINEKA TUNGGAL IKA. Kami pun berjalan beriringan mengikuti disela-sela kerumunan orang-orang. Ternyata jarak tempuh yg kami lewati dari atas sampai bawah -/+ 4 km. Setelah sampai ditempat tujuan acara pun dimulai dengan rajah pemuka, oleh kang uci .kita semua mulai khusyuk untuk melakukan upacara tersebut.

Waktu pun semakin cepat berlangsung,kami semua keluar duluan untuk ke salah satu tempat disana yaitu di Cikahuripan. Disana kami rekan-rekan Wisata Mistis mandi air suci keramat,kecuali aku dan Aufi hanya cuci muka saja karena tidak kuat dingin. Perjalanan ke Cikahuripan juga sangat panjang naik tangga turun tangga.Setelah dari Cikahuripan kita semua kembali berphoto-photo untuk mengabadikannya dengan banner kebanggan kita semua WISATA MISTIS.Setelah itu kami dari rekan-rekan WISATA MISTIS bergegas pulang. terbayar semuanya ketika Melihat Sebuah kebudaayan Indonesia masih terjaga hingga sekarang melihat begitu kaya negeri ini atas berbagia kayaan budayanya yang tertumpa  dan bersatu dalam satu kata INDONESIA.*(bule)

2 komentar: